Mengenal Awal Berdirinya Ka'bah

Kita tahu semua umat muslimin ingin melihat ka'bah bahkan menciumnya, apalagi saat menjalankan ibadah haji dan umroh. Setiap tahun begitu banyak umat islam yang melaksanakan ibadah haji dan umroh. Dibawah ini akan akan kami jelaskan tentang sejarah singkat tentang Ka'bah.

Apa itu Ka'bah?

Ka'bah atau sering disebut Baitullah adalah kiblat shalat bagi umat islam serta simbol dari ketauhidan, kesatuan dan keimanan kepada Allah SWT. Ka'bah berbentuk kubus dengan tinggi 15 m dan lebar 10 dan 12 meter, dengan satu pintu yang terbuat dari emas. Letaknya ditengah masjidil haram, didalamnya hanya ruangan kosong dengan 3 pilar yang dibuat atas inisiatif Abdullah bin Zubair.

Sejarah Adanya Ka'bah

Disebutkan dalam beberapa riwayat, pertama kali ka'bah dibangun oleh malaikat sebagai penebus salah karena mempertanyakan kehendak Allah ketika ingin menciptakan Adam as sebagai khalifah, kemudian dilanjutkan oleh Nabi Adam as dan anaknya Nabi Sys as. Ketiak di zqman Nabi Ibrahim as dan Ismail as, Allah perintahkan kepada Nabi Ibrahim agar membangun kembali ka'bah yang telah ribuan tahun terkubur.

Sebelum Rosulullah SAW denovasilantik sebagai Nabi, ketika beliau berusia 30 tahun, ka'bah direnovasi karena bamnjir. Kemudian ditinggikan oleh kaum Quraish dan di pasang atap. Sebab dana tidak mencukupi, kaum Quraish mengeluarkan Hijir dari ka'bah.

Ketika Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rosul Allah, beliau pernah bersaba: "Seumpama kaumku baru saja meninggalkan kekafiran, akanku turunkan pintu Ka'bah dan dibuat dua pintu serta dimasukan Hijr Ismail Ke dalam Ka'bah." beliau SAW ingin Ka'bah dibangun menurut pondasi Nabi Ibrahim AS.

Pada saat masa pemerintah Abdullah bin Zubair, Hijr ketika itu berada di luar Ka'bah dan Nqbi SAW yang memasukkannya lagi kedalam Ka'bah. Selanjutnya, khalifah Bani Umayyah Abdullah bin Malik memerintahkan agar ka'bah diruntuhkan dan bangun kembali sesuai dengan yang dibangun oleh kaum Quraish. Ia mengira yang dilakukan Abdullah bin Zubair adalah ijtihad sendiri. Sampai saat ini bangunan ka'bah tetap seperti yang dibangun oleh kaum Quraish.

Begitulah, sejarah singkat berdirinya ka'bah, dengan itu kita dapat mengambil pelajaran bagimana pengorbanan orang-orang terdahulu dalam membangun ka'bah. Semoga kita di beri Allah kesempatan Allah hantarkan kesana. Amin.
© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger