Perbedaan Ibdah Haji dan Umroh


Pastinya Anda sudah mengetahui apa perbedaahn ibadah Haji dan Umroh, jelas ibdah Haji dan Umroh adalah 2 ibadah yang berbeda. Namun, masih banyak juga jika ditanya apa perbedaan ibadah Haji dan Umroh tersebut, kebanyakan masih bingung dan tidak tahu harus menjawab apa. Yuk, simak penjelasannya, apa saja sih yang menjadi perbedaan ibadah Haji dan Umroh ini.

Perbedaan Waktu Ibadah Haji dan Umroh

Memang ibadah haji dan umroh sama-sama dilakukan di mekkah, namun harus Anda tahu ke dua ibadah ini memiliki waktu pelaksanaan yang berbeda. Waktu pelaksanaan ibadah haji hanya satu kali dalam setahun, tepatnya pada tanggal 9 hingga 13 dzulhijjah, satu tahun sekali. Jika ibadah haji dilaksanakan selain di tanggal 9 hingga 13 dzulhijjah tersebut maka ibadah yang dikerjakan tidaklah sah. Sangat berbeda dengan ibadah umroh yang bisa dilaksanakan kapanpun kecuali pada pada tanggal 9 hingga 13 dzulhijjah.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Dalam Rukun dan Manasik

Pada dasarnya rukun haji dan umroh memiliki beberapa persamaan yaitu:
  1. Rukun umroh: ihram, thowaf, sa’i dan tahaalul.
  2. Rukun haji: ihram, wukuf di arofah, thowah, sa’i, tahalul serta bermalam dimina dan juga melempar jumroh.
Jadi bisa dibilang jika dalam ibadah haji, berarti juga sudah melakukan ibadah umroh, karena dalam ibadah haji juga melakukan rukun-rukun umroh.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Menurut Hukum

Ibadah haji adalah rukun islam yang kelima yang membuat rukun haji ini memiliki hukum wajib bagi yang mampu. Mampu dalam hal ini meliputi mampu secara materi untuk berangkat dan materi bagi keluarga yang di tinggalkan, mampu dalam hal fisik atau kesehatan. Sedangkan umroh memang lebih di kenal banyak orang memiliki hukum sunnah muakad, tetapi juga ada beberapa u’lama yang mengatakan bahwa umroh memiliki hukum wajib bagi mereka yang mampu.

Dengan mengetahui perbedaan haji dan umroh, akan membantu Anda untuk lebih ringan menjalankan ibadah haji dan umroh ini. apalagi bagi Anda yang saat ini sedang bingung mendaftar antara haji dan umroh. tentunya dengan mengetahui perbedaan haji dan umroh, pastinya Anda akan bisa memantabkan hati untuk memilih salah satu dari ke2 ibadah terebut.

Jika Anda membutuhkan info mengenai paket umroh november 2017 dan paket umroh desember 2017 silakan hubungi kami, insya Allah kami akan membantu Anda dengan sepenuh hati.
© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger